Aplikasi-Keuangan-Pesantren

Aplikasi Keuangan Pondok Pesantren

Aplikasi Keuangan Pesantren

Pengelolaan Keuangan selayaknya dilakukan secara profesional dan transparan, tidak terkecuali pengelolaan di lembaga pendidikan Islam sekalipun.  Pencatatan Pos-pos pemasukan atau penerimaan, pengelolaan uang saku yang dititipkan, administrasi pencatatan SPP dan lain-lain merupakan hal yang sangat penting.

Keluhan Pengurus Pondok Pesantren

Sering kami menerima keluhan dari banyak pondok pesantren terkait bagaimana cara mengelola pembayaran santri. Sebenarnya untuk jumlah santri yang sudah lebih dari 300 orang, kita akan mulai mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaan dana tersebut dan suka atau tidak kita memang membutuhkan sebuah alat bantu berupa aplikasi atau program software.

Akan tetapi sering juga didapatkan aplikasi yang beredar di pasaran adalah aplikasi yang di adopsi dari sekolah umum yang tentu saja tidak akan bisa 100% mengakomodir kebutuhan keuangan di pondok pesantren. Maka dari itu seharusnya kita menggunakan Aplikasi yang memang di khususkan dan dirancang untuk lembaga sekolah Islam. 

Solusi untuk Pengurus Pondok Pesantren

Carilah Aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan umumnya fitur keuangan di pesantren adalah pembayaran SPP, Uang Pangkal, Uang Daftar Ulang, Infaq, Pengelolaan Uang Saku atau Uang Jajan.

Kemudahan untuk pengaturan sistem pembayaran rutin di pesantren akan lebih terasa lagi jika kita bisa menggunakan teknologi Virtual Account dari Bank Syariah, karna dengan penggunaan teknologi ini, kita tidak perlu lagi tenaga untuk input / entry data keuangan, karna otomatis akan terisi sendiri ketika orangtua mentransfer uang. Dengan penggunaan teknologi Virtual Account walisantri tidak perlu mengkonfirmasi pembayaran, tidak perlu mengirim bukti transfer, dan bagian keuangan pesantren pun tidak perlu meng-entry data, karna otomatis telah di entry oleh program. 

Untuk uang saku lebih baik lagi jika bisa menggunakan sistem belanja non tunai menggunakan kartu pelajar santri, ini akan sangat membantu karna santri tidak harus memegang uang tunai, yang mudah hilang dan lain sebagainya. Penggunaan sistem belanja non tunai di pondok pesantren akan memudahkan pihak pengurus untuk mengontrol pengeluaran santri, sehingga tidak boros. Keunggulan lain dari sistem ini juga agar orangtua atau walisantri bisa memantau saldo putra putrinya, sehingga mereka tahu kapan harus mengirim uang jajan.

Kriteria lain dari aplikasi pondok pesantren adalah :

– Bisa memenuhi pos-pos keuangan pondok pesantren

– Mudah digunakan

– Bisa berjalan Secara Online

Fitur – fitur yang menarik di SIPond

– Aplikasi Tata Usaha

Aplikasi Keuangan

– Aplikasi Manajemen Sekolah

– Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB)

Aplikasi Tahfidz

– Aplikasi Raport dan nilai

Aplikasi Kesantrian

– Aplikasi Perizinan

Aplikasi Kesehatan/UKS/UKP

Aplikasi Konseling dan asrama

– Aplikasi Khusus untuk orang tua

– dll

SIPond atau sistem informasi pondok pesantren adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk pondok pesantren, boarding school, dan sekolah Islam. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, kepesantrenan, tahfidz, dll. fitur tersebut sudah dirancang di dalam pesantren dan dengan kultur pesantren, sehingga akan sangat cocok di aplikasikan di pondok pesantren, apakah pondok tersebut berbasis hafalan al-quran, atau bahasa arab, ataupun lainnya.

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *