Aplikasi-Tahfidz-Pesantren

Aplikasi Tahfidz Pondok Pesantren

Aplikasi Tahfidz Pesantren

Tahfidz

tahfidz berasal dari bahasa arab dengan akar kata ha fa zha حفظ yang mempunyai arti menghafal, menjaga, memelihara. tahfidzhul Qur’an memiliki makna proses penghafalan al-quran. orang yang menghafal al-quran disebut dengan hafidzh.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Tahfizh)

Seorang muslim harus bisa menghafal al-qur’an minimal surah al-fatihah dan surah-surah pendek agar sah sholatnya. membaca al-qur’an menjadi kewajiban bagi seorang muslim, maka dari itu menghafal, menjaga, dan memelihara al-qur’an di pondok merupakan bagian kegiatan yang wajib di pondok pesantren.

Al-quran merupakan kitab suci ummat islam yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad melaluli malaikat jibril. Al-quran merupakan kitab terakhir yang diturunkan Allah setelah taurat, zabur, injil kepada nabi dan rosul sebelumnya.

Dalam al-quran terdapat 114 surat, 30 juz dan diturunkan secara berangsur –angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari di mekkah dan madinah.

Pastinya sebagai ummat muslim kita diwajibkan untuk membaca, menghafal, dan mempelajari isi kandungan Al-quran. Karena al-quran merupakan petunjuk yang lurus dan membinbing ummat manusia menempuh perjalanan hidupnya agar selamat di dunia maupun akhirat. Nabi Muhammad bersabda “ sabaik – baik kalian adalah  yang mempelajari al-quran dan mengajarkannya”.(HR. Bukhari)

Setiap ummat muslim yang mempelajari isi kandungan al-quran dan menghafalkannya akan mendapatkan keutamaan di dunia maupun di akhirat.

Adapun keutamaan yang didapatkan yaitu:

1.  Diangkat derajatnya

“ sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab al-quran dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari, dan mengamalkan al-quran).

2. Termasuk keluarga Allah

“sesungguhnya Allah mempunyai keluarga diantara manusia, para sahabat bertanya, “siapakah mereka ya rasulullah?” rasulullah menjawab, “para ahli al-quran. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihannya”. (HR. Ahmad)

3. Mendapatkan pahala yang belipat

Dari Aisyah, Rasulullah bersabda:

“ orang yang pandai membaca al-quran maka dia akan bersama para malaikat yang mulia dan baik, sedangkan orang yang membaca al-quran dengan terbata – bata dan mengalami kesulitan dalam membacanya terbata – bata, maka baginya dua pahala”.

“ barang siapa yang membaca 1 huruf dari al-quran, maka baginya 1 kebaikan. Dan 1 kebaikan dilipatgandakan 10x lipat. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HR. Tirmidzi)

4. Mendapatkan Syafaat Pada Hari Kiamat

Seorang muslim yang senantiasa menghafalkan al-quran, ia akan mendapatkan syafaat di hari kiamat

“wahai tuhanku, bebaskanlah dia. kemudia orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). al-quran kembali meminta: wahai tuhanku, ridhailah dia, maka Allah meridhainya. dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat – derajat surga). dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibaca tambahan nikmat dan kebaikan.”                (HR. Tirmidzi).

5. Ditempatkan Surga Yang Paling Tinggi

Dari Aisyah Radhiyallahuanha ia berkata, bahwasannya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“jumlah tingkatan – tingkatan surga sama dengan jumlah ayat – ayat al-quran. maka tingkatan surga yang dimasuki oleh penghafal al-quran adalah tingkatan yang paling atas, dimana tidak ada lagi sesudah itu”

Aplikasi Tahfidz Pondok Pesantren

dengan aplikasi tahfidz pondok pesantren, mengelola data hafalan santri maupun muroja’ahnya menjadi sangat terstuktur. aplikasi ini dapat digunakan oleh ustad yang sudah di amanahi oleh pondok, bahkan saking mudahnya menggukan aplikasi tahfidz pondok pesantren santri pengabdianpun bisa menggunakannya.

Selain dipakai untuk mengelola data tahfidz di pondok pesantren , aplikasi tahfidz pondok pesantren juga bisa mengirim laporan kepada wali santri, agar walisantri bisa mengetahui perkembangan hafalan anaknya ketika di pondok. Ini merupakan wujud kepercayaan walisantri terhadap pondok ketika menitipkan anaknya.

Fitur – fitur yang menarik di SIPond

– Aplikasi Tata Usaha

– Aplikasi Keuangan

– Aplikasi Manajemen Sekolah

– Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB)

– Aplikasi Tahfidz

– Aplikasi Raport dan nilai

– Aplikasi Kesantrian

– Aplikasi Perizinan

– Aplikasi Kesehatan/UKS/UKP

– Aplikasi Konseling dan asrama

– Aplikasi Khusus untuk orang tua

– dll

SIPond atau sistem informasi pondok pesantren adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk pondok pesantren, boarding school, dan sekolah Islam. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, kepesantrenan, tahfidz, dll. fitur tersebut sudah dirancang di dalam pesantren dan dengan kultur pesantren, sehingga akan sangat cocok di aplikasikan di pondok pesantren, apakah pondok tersebut berbasis hafalan al-quran, atau bahasa arab, ataupun lainnya.

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *