Aplikasi-Cashless-Pesantren

Penggunaan Virtual Account di Pesantren

Virtual Account Pesantren

Apa Itu Sistem Cashless

Sistem Cashless merupakan metode pembayaran transaksi tanpa uang tunai. 

 

Aplikasi Cashless Pesantren

Ketika santri ingin jajan ke kantin, pastinya pergi ke loket keuangan terlebih dahulu untuk mengambil uang yang telah dititipkan oleh orang tuanya ke pondok.

Pengambilan uang saku di loket biasanya hanya pada jam istirahat siang saja, dan membutuhkan waktu untuk mengantri. apalagi loket keuangannya cuman satu ditambah lagi santrinya yang sangat banyak. Akan memotong waktu istirahat yang banyak, Belum lagi meminta tanda tangan kepada kesantrian untuk konfirmasi pengambilan uang saku.

Uang saku yang telah diambil biasanya berkelipatan besar. Akan menjadi masalah ketika jajan hanya sedikit pada saat di kantin menggunakan uang yang nominalnya besar. kalau tidak ada uang pas atau uang yang bernominal kecil untuk membayar, pastinya penjual akan menukarkan uang ke penjual lainnya untuk dijadikan kembalian, kalau tidak ada kembalian pastinya meminjam uang  teman yang memiliki uang pas / nominalnya kecil.

Banyak sekali kemudahan yang ada pada zaman ini, terutama kemudahan dalam bertransaksi. Sistem cashless salah satunya, sistem ini dapat membayar transaksi tanpa menggunakan uang fisik atau uang tunai. Sistem ini bisa dijalankan menggunakan kartu RF ID. Untuk pembayaran hanya memerlukan sistem tap (temple) saja.

Sistem Cashless yang menggunakan kartu RF ID akan sangat membantu pondok terutama santri. Kartu ini sebagai pengganti uang tunai, santri tidak harus mengantri di loket lagi untuk mengambil uang jajannya. Penjual tidak perlu lagi menukar uang untuk kembalian, tinggal tap (temple), masukkan password, bayar sesuai nominalnya, selesai.

Kelebihan memakai sistem cashless yang dijalankan memakai kartu RF ID ini sangat banyak seperti: Mudahkan
saat membeli jajan tanpa membawa banyak uang di dompet, Meminimalisir kehilangan uang, Pondok bisa membatasi uang saku santri, Memudahkan penjual tanpa ribet mencari uang untuk kembalian.

Uang yang terpotong untuk penggunaan chaslees diambil dari uang saku masing – masing santri, selama santri memiliki uang di pondok maka santri bisa berbelanja dengan pembatasan yang diatur oleh pondok. Pembatasan dilakukan agar santri tidak boros dalam menggunakan uang sakunya.

 

Sistem ini tidak ada kaitannya dengan bank, murni pengelolaan uang saku santri di ponpes. 

Fitur – fitur yang menarik di SIPond

 

– Aplikasi Tata Usaha

– Aplikasi Keuangan

– Aplikasi Manajemen Sekolah

– Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB)

– Aplikasi Tahfidz

– Aplikasi Raport dan nilai

– Aplikasi Kesantrian

– Aplikasi Perizinan

– Aplikasi Kesehatan/UKS/UKP

– Aplikasi Konseling dan asrama

– Aplikasi Khusus untuk orang tua

– dll

 

SIPond atau sistem informasi pondok pesantren adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk pondok pesantren, boarding school, dan sekolah Islam. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, kepesantrenan, tahfidz, dll. fitur tersebut sudah dirancang di dalam pesantren dan dengan kultur pesantren, sehingga akan sangat cocok di aplikasikan di pondok pesantren, apakah pondok tersebut berbasis hafalan al-quran, atau bahasa arab, ataupun lainnya.

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *