aplikasi sekolah

Manfaat Penggunaan Aplikasi Sekolah

aplikasi sekolah

Apa Itu Sistem Informasi Sekolah atau Aplikasi Sekolah

Dibuat untuk memudahkan para pengurus sekolah dalam mengelola rutiitas di lembaga pendidikan.

 

Fungsi Aplikasi Sekolah

Bagi anda yang akrab dengan pendidikan, mungkin anda akan sangat sering mendengar problematika yang ada pada dunia pendidikan. Mulai dari masalah yang sifatnya klasik seperti mengatur jadwal, pembagian siswa per kelas dan lainnya. Ataupun masalah yang sifatnya kekinian seperti perubahan kurikulum, format raport yang dinamis, metode pengajaran yang disesuaikan dengan perkembangan psikologi anak.

Belum lagi tuntutan profesionalitas dalam bekerja, penyusunan kurikulum, rencana kerja, program per semester dan tahunan, laporan-laporan yang harus diberikan kepada Dinas terkait. Itu semua diluar rutinitas utama di dunia pendidikan itu sendiri, yaitu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Tugas-tugas diluar proses kegiatan utama KBM akan sangat menguras tenaga dan sumber daya manusia.

Sistem pengelolaan administrasi sekolah saat ini sangat dibutuhkan, tuntutan kecepatan untuk melihat, mengolah, mengirim data. Pendataan diperlukan pada bagian tata usaha, bagian kurikulum, bagian keuangan, bahkan bagian sarana prasarana.

Dahulu data siswa didapatkan dari pengumpulan data saat pendaftaran peserta didik baru berupa formulir fisik atau kertas, lalu baru di ketik di file komputer. Proses ini selain tidak efektif, juga memakan waktu yang lama, tenaga, biaya dan alur kerja yang lebih panjang. Masalah ini bisa di atasi dengan menggunkan sistem informasi atau aplikasi sekolah.

Begitu juga pada bagian kurikulum, jika mengandalkan sistem manual mulai dari ujian, pengisian nilai, pembuatan dan pencetakan raport. Sistem informasi atau aplikasi sekolah akan menjadi solusi mulai dari ujian, pengisian nilai secara online, dan pencetakan raport yang otomatis terbentuk dan bisa di download dari aplikasi. Hal ini sangat cocok sekali terutama di masa pendemi seperti sekarang ini, sehingga pekerjaan pengajar bisa maksimalkan dikerjakan secara online dan hasil raport pun bisa di dapatkan oleh siswa dalam bentuk E-raport.

Untuk bagian keuangan lebih lagi, karna bagian ini sangat penting sekali. Aplikasi sekolah akan sangat membantu dalam pengelolaan penerimaan biaya wajib seperti SPP, daftar ulang ataupun uang pangkal. Bayangkan jika pengelolaan penerimaan SPP harus di catat secara manual, pasti akan sangat kesulitan dalam merekap laporan, menyiapkan laporan keuangan, menghitung tunggakan siswa dan lainnya. Maka penggunaan aplikasi sekolah akan sangat memudahkan, sehingga kita tidak perlu menggunakan pencatatan manual yang sangat berpotensi ada kesalahan menghitung. Pelaporan yang otomatis dan bisa dilihat secara online dan riil time

Terlebih di masa pandemi covid 19 ini, pengelolaan keuangan dengan cara cashless adalah mutlak diperlukan. Cashless pembayaran SPP dan lain lain bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur virual account yang saat ini banyak digunakan. Dengan penggunaan virtual account ini maka setiap ada pembayaran akan otomatis terdeteksi dan ter input ke sistem informasi yang kita miliki, sehingga orang tua tidak perlu datang ke sekolah untuk membayar spp bulanan, dan pihak keuangan sekolah pun tidak perlu meng-entry transaksi karna sudah terisi secara otomatis.

Fitur – fitur yang menarik di SIPond

– Aplikasi Tata Usaha

– Aplikasi Keuangan

– Aplikasi Manajemen Sekolah

– Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB)

– Aplikasi Tahfidz

– Aplikasi Raport dan nilai

– Aplikasi Kesantrian

– Aplikasi Perizinan

– Aplikasi Kesehatan/UKS/UKP

– Aplikasi Konseling dan asrama

– Aplikasi Khusus untuk orang tua

– dll

SIPond  adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk administrasi Pendidikan. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, dll. 

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *