Aplikasi Pesantren (SIPond) Sebagai Bentuk Administrasi Elektronik

Administrasi Elektronik Dengan Aplikasi Pesantren SIPond

aplikasi pesantren

Pada era modern, teknologi berkembang dalam memberikan inovasi mempermudah pekerjaan manusia seperti hadirnya aplikasi pesantren. Dari adanya perkembangan yang hadir membawa banyak manfaat bagi kehidupan salah satunya pemenuhan kebutuhan informasi.

Masyarakat informasi setiap harinya membutuhkan sumber untuk memenuhi kebutuhan primernya. Mudahnya mencari informasi tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi dengan hadirnya aplikasi. Bahwasannya aplikasi banyak dibuat untuk mempermudah penyajian informasi bagi penggunanya.

Aplikasi merupakan sistem perangkat lunak yang dijalankan dengan sistem dan bermanfaat dalam membantu kegiatan manusia. Sekarang sudah banyak ditemui aplikasi dari berbagai device yang diakses dengan komputer, smartphone atau tablet.

Setiap hadirnya aplikasi mempunyai peranan yang sangat penting guna menunjang penyajian informasi. Terlebih pada era modern, manusia lebih membutuhkan alat untuk mempermudah kesulitan dalam pekerjaan. Dengan begitu pembuatan aplikasi bisa memberikan fitur sesuai kebutuhan pengguna.

Adanya teknologi baru menghadirkan banyak manfaat. Seperti halnya aplikasi pesantren yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pesantren ataupun sekolah. Dengan menggunakan aplikasi, secara otomatis harus mengubah administrasi yang ada yakni manual ke digital.

Proses melakukan perubahan administrasi manual ke sistem elektronik memang tidaklah mudah. Namun, harus dilakukan percobaan mulai dari sekarang. Sebab jika tidak, maka sistem yang ada akan ketinggalan zaman.

Tentang Aplikasi SIPond

SIPond merupakan perangkat lunak atau software yang berisi pengelolaan tata usaha, keuangan dan manajemen. Penggunaannya lebih terkhusus pada integritas pondok pesantren atau sekolah. Aplikasi SIPond telah dilengkapi penggunaan untuk orang tua siswa.

Aplikasi pesantren berbasis WEB BASED, artinya bahwa keberadaan program ini menggunakan browser. Untuk mengaksesnya dengan menggunakan PC, smartphone, laptop ataupun tablet jika punya. Dalam hal ini wali murid akan lebih mudah memperoleh informasi terkait anaknya.

Fitur yang Ada Pada Aplikasi SIPond

SIPond mempunyai beragam fitur yang bisa difungsikan secara maksimal oleh penggunanya. Selain untuk mengelola administrasi juga bisa memberikan informasi secara lengkap. Inilah beberapa fitur yang ada pada SIPond:

1. Pembayaran dalam Satu Halaman

Di dalamnya aplikasi SIPond terdapat kelengkapan informasi terkait keuangan pondok pesantren. Hal itu terkait pemasukan yang sifatnya rutin, di antaranya:

  1. Penerimaan SPP
  2. Debet uang saku atau tabungan siswa
  3. Uang pangkal dan daftar ulang
  4. Infaq
  5. Bimbel

Informasi terkait pelaporan pemasukan keuangan berbentuk jurnal dan dapat di-export ke Excell ataupun PDF.

2. Aplikasi Pesantren Fitur Tata Usaha

Aplikasi SIPond memberikan informasi terkait data siswa, guru, karyawan dan absensi. Selain itu di dalamnya juga terdapat catatan konseling pelanggaran siswa dan data prestasi.

Sehingga pihak yang mengelola ponpes hingga orang tua mengetahui informasi ini.

3. Tahfidz

Aplikasi juga menyediakan parameter tambahan hafalan baru setiap halaman mushaf. Selain itu ada kolom keterangan nama surat, kolom muroja’ah hafalan baru dan lama.

Kehadiran fitur tersebut, orang tua bisa mengetahui informasi terkait perkembangan tahfidz anak.

4. Uang Saku

Adanya fitur uang saku mempunyai prinsip yang mirip dengan tabungan, orang tua mengirimkan uang saku. Dengan bantuan aplikasi pesantren ini, para orang tua dapat memantau penggunaan uang jajan anak. Sehingga pengeluarannya terlihat dengan jelas.

Detail rinciannya yaitu saldo saat ini dan pengambilan uang jajan terakhir. Orang tua pun juga bisa melihat ketika uang saku sudah minim. Sehingga dapat mengirimkannya dengan segera karena sudah melihat data informasi tersebut.

SIPond Bagi Pengelola Pondok Pesantren atau Sekolah

Manfaat aplikasi SIPond untuk pengelola pondok pesantren atau sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Mengurus administrasi dan keuangan sekolah maupun pesantren dengan mudah karena telah menggunakan sistem elektronik
  2. Memudahkan pencatatan kerja, membuat dan menyajikan laporan, rekap serta komunikasi dengan wali murid lancar.
  3. Memudahkan untuk melakukan broadcast berita dan pengumuman kepada wali murid
  4. Berguna untuk meningkatkan kepercayaan wali murid kepada lembaga pendidikan
  5. Menjalin ukhuwah silaturahmi antara lembaga pendidikan dan wali murid
  6. Sebagai bentuk kebaikan sekolah dan pondok pesantren pada orang tua siswa. Hal itu dalam bentuk memberikan informasi terkait perkembangan siswa di sekolah atau pondok pesantren.

SIPond Bagi Orang Tua Atau Wali Murid

Sedangkan manfaat SIPond untuk orang tua/wali adalah sebagai berikut.

  1. Orang tua dapat mengetahui informasi lengkap setiap perkembangan anaknya. Seperti halnya pembayaran SPP, parameter hafalan tahfidz, absensi, kebutuhan uang saku hingga kesehatan anak.
  2. Sebagai obat untuk mengurangi rasa rindu orang tua kepada anaknya. Terlebih jika lokasi sekolah atau pondok pesantren berada di lokasi yang jauh.
  3. Menghilangkan rasa khawatir orang tua pada anaknya yang kehabisan uang saku di pondok pesantren.
  4. Mendapatkan updateberita yang berkaitan dengan sekolah ataupun anaknya.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pesantren (SIPond)

Beralihnya administrasi manual ke elektronik sangat penting dalam perkembangan pondok pesantren dan sekolah. Meskipun hal tersebut membutuhkan tenaga yang mampu di bidangnya. Apabila segera dilakukan maka juga akan terbiasa dengan sistem baru penggunaan aplikasi pesantren.

Saat ini sudah tersedia aplikasi sistem pondok pesantren yang disingkat dengan SIPond. Aplikasi yang memberikan kemudahan dalam mengelola administrasi. Sehingga semua data informasi bisa tersedia dengan baik dan tersistem.

Beberapa kelebihan memakai aplikasi pesantren adalah sebagai berikut.

1. Terintegrasi

Aplikasi SIPond telah menyediakan menu yang terintegrasi di dalamnya menjadi satu kesatuan. Sehingga sangat efektif dalam penggunaan karena bisa diakses dengan mudah bagi orang tua ataupun pengelola.

Orang tua siswa tidak lagi merasa kesusahan dalam menggunakan untuk mengetahui perkembangan sekolah dan anak. Sementara pengelola bisa melakukan update informasi dengan mudah dan tersistem.

2. Mudah Digunakan

Aplikasi pesantren disajikan dengan bentuk desain yang menarik pada setiap tampilan halamannya. Selain itu aplikasi juga bersahabat, mudah dipahami dan digunakan bagi semua orang.

Sebab sajian fiturnya tidak terlalu rumit seperti aplikasi lainnya. Karena aplikasi SIPond digunakan oleh orang tua siswa dan pengelola pesantren. Sehingga tampilannya dibuat sesederhana mungkin.

3. Praktis

Seluruh laporan yang memang perlu disajikan, akan otomatis ter-generate. Baik hal itu dalam informasi administrasi hingga laporan keuangan pemasukan pada sekolah. Selain itu juga pengeluaran uang saku yang dilakukan oleh anak.

Sehingga dari orang tua siswa dan pengelola lembaga pendidikan pun bisa melakukan akses dengan cepat. Kemudahan inilah yang membuat administrasi sistem elektronik sangat penting digunakan pada sekolah dan pondok pesantren.

4. Mempererat Komunikasi

Penggunaan aplikasi SIPond bisa melakukan update dan menyalurkan seluruh informasi. Hal itu disampaikan oleh pengelola lembaga pendidikan kepada orang tua siswa. Dengan begitu bisa mempererat komunikasi antara kedua belah pihak.

5. Sajian Informasi Secara Real Time

Seluruh data informasi dilakukan update setiap saat oleh pengelola lembaga pendidikan. Hal itu bertujuan agar bisa selalu mendapatkan informasi secara jelas, lengkap dan terkini.

Itulah ulasan mengenai aplikasi SIPond yang sangat penting untuk digunakan pada era sekarang. Sekolah perlu beralih meninggalkan administrasi manual ke administrasi elektronik sebagai bentuk perkembangan. Selain itu aplikasi pesantren memudahkan pekerjaan dan pemberian informasi.

Fitur-Fitur Aplikasi SIPond

Fitur aplikasi keuangan sekolah SIPond cukup banyak guna membantu urusan dalam lembaga sekolah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tata Usaha,
  2. Keuangan,
  3. Manajemen sekolah,
  4. Penerimaan siswa baru atau PSB,
  5. Tahfidz hafalan siswa,
  6. Raport dan nilai siswa,
  7. Kesantrian,
  8. Perizinan,
  9. Kesehatan atau UKS atau UKP,
  10. Konseling terkait pelanggaran dan prestasi siswa, ketersediaan asrama, hingga
  11. Aplikasi Khusus untuk pengguna orang tua siswa, tersedia di google play store.

Aplikasi SIPond memang dirancang secara khusus untuk didedikasikan pada sekolah atau pondok pesantren. Selain bisa Anda akses pengelola lembaga pendidikan itu sendiri. Aplikasi juga dapat diakses oleh orang tua murid untuk memantau perkembangan informasi.

Demikianlah penjabaran terkait otomatisasi keuangan yang ada pada sekolah. Penggunaan aplikasi memang banyak membantu daripada dilakukan secara manual. Seperti aplikasi sekolah yang memudahkan bagi pengelola dan orang tua murid untuk memantau perkembangan.

SIPond  adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk administrasi Pendidikan. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, dll. 

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *