Aplikasi Sekolah Membantu Otomatisasi Keuangan Lembaga Pendidikan

Otomatisasi Dengan Aplikasi Keuangan Sekolah

aplikasi sekolah

Fungsi Aplikasi Keuangan Sekolah

Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi mengalami peningkatan yang sangat pesat khususnya penggunaan aplikasi sekolah.

 

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, kita dituntut untuk bisa mengimbangi penerapan pada sistem pendidikan. Sehingga sistem pendidikan tidak ketinggalan zaman.

Salah satu bentuk adanya kemajuan teknologi informasi pada sekolah yaitu penggunaan sistem yang terkomputerisasi. Sistem digital mampu memberikan kemudahan yang sangat signifikan dalam menyelesaikan pekerjaan. Terlebih pada otomatisasi laporan keuangan sekolah.

Pembuatan laporan keuangan dapat terselesaikan dengan baik dan cepat. Seperti halnya pengelolaan administrasi terkait pembayaran SPP para siswa di sekolah. Aplikasi Sekolah (SIPond) dapat dijadikan sebagai alternatif pengelolaan otomatisasi keuangan.

Sebuah sistem terotomatisasi dapat membantu dalam penyelesaian kewajiban pengelola terkait tugas pentingnya. Sehingga bisa mengurangi keterlambatan yang akan mengganggu stabilitas sekolah. Dengan sistem digital semua pekerjaan dapat selesai lebih cepat dari estimasi waktu deadline.

Salah satu poin mendasar dalam menggunakan sistem digital, perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran. Hal itu terkait pentingnya pengelolaan data agar dapat menjadi informasi valid. Sehingga sajian informasi otomatisasi keuangan dari lembaga pendidikan dapat diterima.

Pada sistem digital yang menggunakan aplikasi bisa memudahkan pantauan dari orang tua. Ketika waktu pembayaran SPP telah tiba, maka wali murid dapat mengeceknya dengan sistem. Sehingga tak perlu lagi datang ke sekolah untuk menanyakan.

Aplikasi SIPond mempunyai banyak manfaat bagi pengelola lembaga pendidikan dan orang tua murid. Bagi pengelola bermanfaat dalam melakukan pelaporan otomatisasi keuangan.

Selain itu orang tua murid dapat mengetahui berbagai macam informasi terkait sekolah dan anak.

Kehadiran Ide Menggunakan Aplikasi

Penggunaan ide dalam menggunakan aplikasi sekolah sebenarnya mulai dari keluhan para pengelola sekolah dan pondok pesantren.

Hal itu terkait cara mengelola pembayaran siswa yang jumlahnya lebih dari 300 orang. Sehingga pengelola merasa kesulitan dalam pencatatan.

Sehingga dicarikan solusi alternatif yakni dengan menggunakan aplikasi atau software. Namun, pemilihan aplikasi pun juga perlu dipertimbangkan agar tepat. Ketepatannya dapat mengelola keuangan dengan sistem terotomatisasi.

Solusi Bagi Sekolah dan Pondok Pesantren

Adanya penggunaan aplikasi sekolah memberikan kemudahan pengelola dalam mengelola keuangan para siswa. Selain itu, orang tua dapat memantau seluruh pembayaran yang digunakan untuk anak. Hal itu lebih terasa dengan penggunaan sistem pembayaran teknologi virtual account.

Penggunaan virtual account membuat pengelola tidak perlu lagi melakukan input data. Sebab sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem ketika orang tua murid mengirimkan uang. Dengan menggunakan teknologi virtual account tak perlu mengkonfirmasi pembayaran.

Selain itu, orang tua murid juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer. Bagian keuangan lembaga pendidikan pun tidak lagi entry data. Karena yang melakukan pekerjaan adalah sistem otomatis.

Menariknya lagi jika menggunakan sistem belanja non tunai bagi siswa. Selain pihak pengelola dapat melakukan kontrol pengeluaran siswa. Orang tua murid juga bisa mengetahui kapan waktunya untuk mengirimkan uang lagi untuk anaknya.

Kelebihan Penggunaan Aplikasi Sekolah

Keberadaan aplikasi SIPond tidak hanya bermanfaat bagi pondok pesantren, namun juga sekolah. Aplikasi ini mempunyai fungsi dalam hal mengelola laporan keuangan secara otomatis. Sehingga laporan dapat terperinci dengan baik dan mudah dipahami orang tua murid.

Berikut inilah beberapa kelebihan dari penggunaan aplikasi dalam otomatisasi keuangan lembaga pendidikan:

1. Pengelolaan Simpel dan Aman

Aplikasi yang tersedia bisa memanajemen keuangan dengan baik dan terperinci. Sehingga memudahkan pengguna melakukan akses kapan dan di mana pun karena datanya berbasis Web Basic. Pengguna hanya membutuhkan alat seperti smartphone, PC, laptop maupun tablet.

Pengelola lembaga pendidikan tidak hanya dapat memperbarui administrasi, namun juga otomatisasi keuangan. Setiap arus keuangan dapat dilakukan pembaruan secara real time. Dalam hal ini baik pengelola ataupun orang tua murid bisa memantau pergerakan keuangan sekolah.

Data dapat diperbarui dengan segera setelah adanya pemasukan maupun pengeluaran keuangan. Percepatan pengelolaan untuk meminimalisir kesalahan dalam melakukan input data.

Selain itu keamanan data tetap terjaga meskipun dapat pengguna akses di mana pun.

Keamanan merupakan salah satu fitur yang diunggulkan pada aplikasi sekolah. Walaupun dapat diakses orang tua murid sekalipun, data tidak dapat disebarluaskan dengan mudah. Sebab data keuangan adalah perihal penting dan dilindungi keberadaannya.

2. Laporan Lengkap

Data keuangan di aplikasi keuangan sekolah yang terotomatisasi mempunyai kelengkapan detailnya. Sehingga dari data keuangan yang detail tersebut menghasilkan laporan secara transparan dan valid.

Orang tua murid dapat menaruh kepercayaan lebih pada sekolah karena adanya keterbukaan.

Aplikasi tersebut bisa memberikan petunjuk informasi yang lengkap terkait pemasukan dan pengeluaran. Seperti halnya pembayaran uang kas siswa maupun SPP setiap semesternya. Selain itu, orang tua murid juga dapat melihat pergerakan uang jajan anak.

Setiap informasi yang ada akan tersaji dengan sangat lengkap. Mengingat bahwa otomatisasi keuangan dapat dilakukan pengelolaan dengan mudah. Sangat berbeda ketika membuat laporan keuangan secara manual.

Itulah kelebihan penggunaan aplikasi, selain lebih update juga tidak ketinggalan zaman. Sekarang ini semua sistem manajemen baik dari segi administrasi hingga keuangan sudah berkembang. Sistem lama atau manual terlalu rumit dan lama untuk digunakan.

3. Aplikasi Sekolah Efektivitas Waktu

Keunggulan menggunakan aplikasi yaitu pembuatan laporan keuangan lebih efektivitas pada waktu. Di mana waktu yang digunakan untuk membuat administrasi keuangan secara manual. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bidang lain yang lebih penting.

Sebab laporan keuangan seluruh data lembaga pendidikan sudah dikerjakan secara otomatis oleh sistem. Pengelola lembaga pendidikan bisa mempersingkat waktu dan orang tua murid bisa lebih cepat melihat data. Sehingga bantuan aplikasi memberikan banyak manfaat.

Bukan hanya sekadar aplikasi, namun juga pemberi solusi atas masalah pembuatan laporan keuangan pendidikan. Pekerjaan bisa lebih tersistem, mudah, cepat dan nyaman. Selain itu, kemungkinan terjadinya kesalahan pun juga sangat kecil.

Kriteria Lain dari Aplikasi SIPond

Selain aplikasi sekolah mempunyai kelebihan, di dalamnya juga terdapat kriteria, yaitu:

  1. Dapat memenuhi pos-pos keuangan pada sekolah
  2. Aplikasi dapat digunakan dengan sangat mudah oleh orang tua dan pengelola lembaga pendidikan
  3. Aplikasi dapat diakses secara online, sehingga membutuhkan jaringan internet.

Fitur-Fitur Aplikasi SIPond

Fitur aplikasi keuangan sekolah SIPond cukup banyak guna membantu urusan dalam lembaga sekolah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tata Usaha,
  2. Keuangan,
  3. Manajemen sekolah,
  4. Penerimaan siswa baru atau PSB,
  5. Tahfidz hafalan siswa,
  6. Raport dan nilai siswa,
  7. Kesantrian,
  8. Perizinan,
  9. Kesehatan atau UKS atau UKP,
  10. Konseling terkait pelanggaran dan prestasi siswa, ketersediaan asrama, hingga
  11. Aplikasi Khusus untuk pengguna orang tua siswa, tersedia di google play store.

Aplikasi SIPond memang dirancang secara khusus untuk didedikasikan pada sekolah atau pondok pesantren. Selain bisa Anda akses pengelola lembaga pendidikan itu sendiri. Aplikasi juga dapat diakses oleh orang tua murid untuk memantau perkembangan informasi.

Demikianlah penjabaran terkait otomatisasi keuangan yang ada pada sekolah. Penggunaan aplikasi memang banyak membantu daripada dilakukan secara manual. Seperti aplikasi sekolah yang memudahkan bagi pengelola dan orang tua murid untuk memantau perkembangan.

 

SIPond  adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk administrasi Pendidikan. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, dll. 

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *