Maksimalkan Penggunaan Aplikasi Pesantren

Managemen Pondok Pesantren dengan Aplikasi SIPond

penggunaan aplikasi pesantren

Aplikasi Pesantren sesuai dengan nama yang dimilikinya, aplikasi yang satu ini ditujukan untuk penggunaan pondok pesantren. Namun tidak hanya itu saja, sekolah biasa pun pada dasarnya dapat menggunakan aplikasi yang ini sebagai Aplikasi Sekolah. seperti yang anda ketahui, institusi dari pondok pesantren dikenal sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk membentuk atau pun mendidik generasi muda yang mana ilmu yang diberikan tidak hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan secara umum saja, melainkan ilmu keagamaan pun lebih diperdalam di lingkungan tersebut. Sementara itu, banyak diantaranya pondok pesantren yang merasa kesulitan dalam hal pemberian contoh dari penggunaan teknologi informasi. 

 

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini tersedia aplikasi khusus yang dapat digunakan di lingkungan pondok pesantren, utamanya keberadaan aplikasi tersebut sangat membantu bagi pihak pondok pesantren serta pihak orang tua dari para santri yang umumnya tinggal di luar kota. Aplikasi tersebut dikenal sebagai Sistem Informasi Pondok Pesantren yang tentunya menyediakan beragam informasi yang berkaitan dengan pondok pesantren serta beragam kegiatan yang dimiliki oleh para santri.

Apa Saja Yang Tersedia di Aplikasi Pesantren SIPond

Database Santri, Pegawai, dan Absensi

Didalam database santri, terdapat beragam informasi yang berkaitan dengan data santri, termasuk dari data pribadi santri, hingga wali santri. Dengan keberadaan data yang lengkap, tentunya pihak pesantren pun dapat mengelola beragam potensi yang dimiliki oleh santri itu tadi dengan lebih mudah, baik itu ketika ia masih bersekolah di pondok pesantren tersebut atau bahkan setelah lulus menjadi alumni pesantren.

Data dapat di entry secara manual ataupun dengan cara di Import menggunakan format Excell, begitu juga data yang sudah ada di Aplikasi Pesantren SIPond bisa di download atau di export kembali ke dalam bentuk Excell. Hal ini akan memudahkan pihak Tata Usaha dalam me-manage data, karna umumnya mereka akan lebih familiar dengan data berbentuk excell.

Keuangan dan Beragam Kebutuhan Transaksi

Sistem Informasi Pondok Pesantren SIPond memiliki fitur transaksi keuangan yang lengkap. Untuk penerimaan, kita bisa mengatur atau men-seting tagihan sesuai jenisnya, misal SPP, daftar ulang, uang pangkal, utang tahun lalu, dan lain-lain. Untuk nominal pun bisa kita atur dengan fleksibel, apakah nominal yang berbeda setiap kelas atau setiap jenjang pendidikan, atau bahkan di buat berbeda per siswa semisal ada keringanan untuk siswa yang tidak mampu.

Hal lain yang menarik pada Aplikasi Pesantren SIPond adalah Uang Saku. Orang tua bisa menitipkan uang jajan atau uang saku anaknya, yang nanti pihak pesantren akan memberikan sesuai aturan yang berlaku, apakah dengan pembatasan pengambilan berdasarkan nominal dan lainnya. Orangtua santri juga bisa mengecek saldo uang saku anaknya, dimana ini akan memudahkan orangtua dalam memperkirakan kapan mereka harus mengirim uang untuk anak-anaknya di pondok pesantren.

Virtual Account adalah hal menarik lain yang dimiliki di Aplikasi Pesantren SIPond, ini adalah metode yang sangat efektif bagi pondok pesantren, dimana orangtua setelah transfer, mereka tidak perlu lagi mengirimkan bukti pembayaran sebagai konfirmasi, juga pihak bagian keuangan tidak perlu entry data. Semua akan ter-entry secara otomatis oleh sistem, dan akan masuk ke pos pembayaran masing-masing. Pembayaran SPP akan otomatis masuk ke SPP, begitu juga untuk uang pangkal, uang saku / uang jajan.

Kesantrian / Keasramaan

Meliputi beberapa bagian, Pertama adalah bagian Pelanggaran / mahkamah / Kesantrian yang akan mencatat data pelanggaran yang dilakukan oleh santri. Kita dapat memantau poin santri, juga terhubung ke bagian konsultan BK atau Konseling.

Bagian Kesantrian juga mendata tentang kegiatan santri seperti kebiasaan berbahasa, ibadah seperti sholat dll.

Bagian Perizinan, ada beragam bentuk perizinan yang disediakan dalam aplikasi yang satu ini, termasuk diantaranya adalah perijinan untuk keluar pondok pesantren, seperti halnya dikarenakan ada kepentingan mendadak atau bahkan ijin untuk pulang kampung dan lainnya.

Dengan penggunaan aplikasi dari pondok pesantren tersebut, tentunya institusi pesantren itu tadi pun akan mendapatkan beragam bentuk manfaat serta keuntungan, yang diantaranya terdiri dari :

  1. Sebagai bentuk contoh langsung dari penerapan serta pemanfaatan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menyederhanakan serta mempermudah beragam jenis kegiatan administrasi yang ada di lingkungan pondok pesantren
  3. Membantu mempercepat pelayanan bagi santri atau pun beragam pihak terkait lainnya seperti halnya wali santri dan juga para calon santri.
  4. Hemat biaya, hal ini tidak lepas dari penggunaan aplikasi tersebut yang tentunya jauh lebih hemat.

Selain manfaat bagi pihak pondok pesantren ada pula manfaat lain yang dapat dirasakan oleh para walisantri, yang diantaranya terdiri dari :

  1. Informasi mengenai perkembangan anak (santri) yang tentunya dapat diakses dengan lebih mudah di mana pun serta kapan pun mereka menginginkannya.
  2. Menghilangkan rasa khawatir, karena beragam kegiatan dari pondok pesantren dapat diketahuinya dengan tepat.
  3. Sebagai obat dari rasa rindu terhadap anaknya yang tengah mengenyam pendidikan di pondok pesantren.
  4. Sistem pembayaran yang dapat dilakukan dengan mudah serta jauh lebih praktis untuk dilakukan.
  5. Beragam informasi serta pengumuman dari pihak sekolah pun diterima olehnya dengan lebih cepat.

SIPond  adalah sebuah aplikasi yang memang di dedikasikan untuk administrasi Pendidikan. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari keuangan, Tata usaha, dll. 

Jika anda berminat, anda bisa menghubungi : 0818-0264-3572 atau tombol WA dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *